Allah Berbeda Dengan Alam - Tiada Tuhan Selain Allah

Jumat, 10 November 2017

Allah Berbeda Dengan Alam

Allah tidak serupa dengan alam (mahkluk), Alam disini ialah seluruh ciptaan Allah, Tidak Ada Yang Serupa Dengan Dia (Allah).

Allah tak bisa di kenali dengan indera contohnya mata, Allah tak mampu di lihat mata sebab yang bisa terlihat oleh mata itu tertakluk pada kuasa mata, kuasa mata itu terbatas karena kapasitas mata itu sebagai mahkluk sementara Allah SWT itu bukan mahkluk, kuasa yang ada pada mata itu adalah kuasa mahkluk. kuasa mata sangat terbatas hanya mampu melihat yang materi saja sementara Allah SWT bukanlah materi. bagaimana hendak melihatnya ? Allah bahkan tidak pernah mampu dicerna oleh otak,  Allah tak mampu di hayal-hayalkan karena Dia berSifat  LAISA KAMISHLIHI SHAIUN (Tidak Ada Yang Serupa Dengan Dia).
***

Amirul Mukminin Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a. pernah ditanya :
"Dengan apa engkau mengenali Tuhanmu ?"
Beliau berkata :
"Dengan cara Dia mengenalkan diri Nya kepadaku."
Imam Ali ditanya lagi :
"Bagaimana Dia mengenalkan diri Nya kepadamu ?"
Beliau menjawab :
"Dia tak menyerupai suatu bentuk dan Dia tak dapat dirasakan dengan indra dan dia tak boleh dikiaskan dengan manusia. Dia dekat dalam kejauhan Nya dan Dia jauh dalam kedekatan Nya. Dia berada di atas segala sesuatu dan tidak dapat dikatakan sesuatu berada d atasnya. Dia di depan segala sesuatu tetapi tidak dapat dikatakan Dia memiliki depan (muka). Dia di dalam segala sesuatu tetapi tidak seperti sesuatu yang berada di dalam sesuatu dan Dia di luar segala sesuatu tetapi tidak seperti sesuatu yang keluar dari sesuatu. Maha suci Dia yang seperti ini dan tidak ada yang seperti ini selain Nya. Dan segala sesuatu itu ada permulaannya."

Baca Juga (Klik) : Antara Tuhan Dan Alam (Mahkluk).
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Terimakasih.

Silahkan beri komentar atau saran tentang topik menggunakan kata yang bijak dan utamakan kesopanan. Terimakasih telah berkunjung serta membaca artikel yang ada di blog ini.