Ilmu Mengenal Allah - Tiada Tuhan Selain Allah

Selasa, 07 November 2017

Ilmu Mengenal Allah


Dasar Tauhid, Yang manakah ALLAH itu ?

1. Alam.
2. Allah.

1. Alam : Yang dimaksud dengan alam disini ialah seluruh langit dan bumi beserta isi-isinya baik yang terlihat mata ataupun tidak, seperti bakteri, kuman dll. juga alam malaikat, jin dll. itulah yang di maksud dengan alam (alam semesta). Dengan kata lain alam ialah seluruh ciptaan Allah (Tuhan).

2. Allah : Dzat yang menciptakan semesta alam, Yang selain dari ciptaan (alam) ada satu Dzat yang Maha Sempurna yang dapat mencipatakan segala sesuatu itulah Allah (Tuhan).

Jadi yang manakah Allah ? Allah ialah yang selain dari alam.

***

Orang bertanya kepada Nabi saw :
“Wahai Rasulullah ! Amalan apa yang paling baik ? Maka Nabi saw menjawab : “ilmu mengenai Allah!”. Bertanya pula orang tersebut : “Ilmu apa yang engkau kehendaki?” Nabi saw menjawab : “Ilmu mengenai Allah”. Berkata orang itu lagi : “Kami menanyakan tentang amal, lantas engkau menjawab tentang ilmu”. Maka Nabi saw menjawab : “Bahwasannya sedikit amal adalah lebih bermanfaat dengan disertai ilmu mengenai Allah. Dan bahwasannya banyak amal tidak bermanfaat bila disertai kebodohan mengenai Allah Ta’ala.

(HR Ibnu Abdil Birri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Terimakasih.

Silahkan beri komentar atau saran tentang topik menggunakan kata yang bijak dan utamakan kesopanan. Terimakasih telah berkunjung serta membaca artikel yang ada di blog ini.